21 Februari 2024

PEKANBARU (mediamelayu) – Seiring akan berakhirnya pembelajaran tahun pelajaran (TP) 2022/2023, pada akhir Maret 2023 para pelajar kelas XII (Dua Belas)-nya akan mengikuti Ujian Madrasah (UM). Dijadwalkan pada 1 s/d 10 Maret 2023, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 4 Kota Pekanbaru secara resmi membuka kegiatan pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk TP 2023/2024.

Pada PPDB kali ini, MAN 4 Pekanbaru mengagendakan untuk dua jalur pendaftaran, yakni pendaftaran jalur Tahfidz, Organisasi dan Prestasi (TOP) dan pendaftaran jalur reguler. Hal ini mempedomani juknis dari Dirjen Pendidikan Islam, yang menjadwalkan kegiatan PPDB bagi Madrasah berasrama, seperti juga MAN 4 Kota Pekanbaru mulai Maret 2023.

“Untuk pendaftaran jalur TOP, pendaftaran dimulai 1 s/d 10 Maret 2023 dan dibuka untuk 4 kriteria siswa SMP/MTs sederajat. Sesuai penamaannya, untuk TOP Tahfidz diperuntukkan bagi siswa/i yang memiliki hafalan minimal 1 juz,’’ ujar Kepala MAN 4 Kota Pekanbaru, Agus Salim Tanjung MA, Ahad (19/2/2023).

Dikatakannya juga, untuk jalur TOP Organisasi diperuntukkan kepada siswa/i yang aktif dalam kepengurusan organisasi OSIS, Palang Merah Remaja (PMR), Pramuka dan organisasi minimal tingkat sekolah lainnya. Sedangkan untuk TOP Prestasi ditujukan untuk siswa/i berprestasi (terbaik) dalam bidang olahraga dan seni, dan juga untuk siswa/i yang memiliki nilai rerata 85 di setiap semesternya, atau pernah mengikuti lomba akademik.

Menurutnya, penerimaan calon siswa baru dilakukan madrasah berakreditasi A (unggul) dari BAN/SM ini secara online, melalui website https://ppdb.man4kotapekanbaru.sch.id/ atau dapat menghubungi Sekretariat Pendaftaran PPDB 082287589161 dan 082274719120, serta Humas Madrasah 081268713026.

Sementara itu, Ketua Panitia PPDB yang juga Wakil Kepala Bidang Kesiswaan MAN 4 Pekanbaru, Zendri Hendri SPd, MPd juga mengatakan, menjadikan pilihan melanjutkan studi menengah atas di MAN 4 Pekanbaru yang beralamat di Jl. Yos Sudarso KM 15 Rumbai ini, akan membuat siswa/i mendapat layanan intrakurikuler dengan Kurikulum Merdeka Belajar, yang fokus berbasiskan Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) dan Life Skills, yang akan diperlukan pasca pendidikannya.

Dengan kualifikasi pengajar 32 persen berstrata pendidikan magister, dengan 68 persen berpendidikan sarjana. Ia juga menyebutkan, penyelenggaraan bengkel Quran/Tahsin, Tahfidzul Quran, Qiroatul Qutub, penguatan pendidikan karakter (PPK) Profil P2RA (Pelajar Pancasila dan Rahmatan Lil’alamin) terjadwal dan terkondisi seperti apel kedisiplinan, ibadah dhuha, zuhur/jum’at, ashar, muhadhoroh, muhadatsah, fasilitas wifi dan lainnya.

Ada juga pembinaan intensif untuk Kompetisi Sains Madrasah (KSM) dan OSN (Olimpiade Sains Nasional), pembinaan intensif untuk studi lanjutan ke Timur Tengah dan pendidikan berasrama/ boarding school untuk siswi putri di lingkungan madrasah, merupakan program kokurikuler yang secara konsekuen dilaksanakan Madrasah, ditambahi lagi dengan lebih dari 15 layanan program ekstrakurikuler madrasah.

“Program madrasah di atas, dengan Akreditasi A menjadi privilege para siswa untuk studi ke semua jalur penerimaan perguruan tinggi dan dunia kerja. Misalnya pada tahun 2022 lalu saja, mutu lulusan madrasah ini sebanyak 39 persen dapat melanjutkan studi ke PTN/PTKIN melalui Jalur SNPMTN/SPAN-PTKIN/Jalur Undangan Prestasi, 14 persen melalui jalur prestasi/jalur undangan PTS, 15 persen melalui jalur seleksi mandiri. Lalu 5 persen ada yang menggeluti profesi sebagai santripreneur, 8 persen sebagai Enterpreneur, dan 7,3 persen sebagai pekerja formal,” jelas Zendri lagi seperti dilansir mdcr.

Terakhir dikatakannya, terkait waktu pelaksanaan PPDB MAN 4 Pekanbaru jalur reguler, pelaksanaannya diagendakan pada 1-10 April 2023 nanti, yang juga secara online melalui laman website yang sama.*

About The Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *