29 Maret 2024

PEKANBARU (mediamelayu) – Bunda literasi Provinsi Riau, Hj Misnarni Syamsuar secara resmi meluncurkan buku karya pertamanya yang berjudul ‘Sita Belajar Menjahit’.

Peluncuran buku tersebut di hadiri langsung Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar dan Kepala OPD Pemprov Riau di Ballroom Dang Merdu Lantai IV, Menara Dang Merdu BRK Syariah, Pekanbaru, Rabu (22/02/2023).

Pada kesempatannya, Hj Misnarni Syamsuar mengatakan, bahwa buku ini merupakan suatu cerita tentang bagaimana dia mengajarkan cucunya untuk belajar menjahit.

Buku 24 halaman tersebut, merupakan ringkasan dari tulisan Hj Misnarni Syamsuar yang bertujuan untuk membangkitkan anak-anak berminat membaca.

“Sebenarnya panjang yang saya tulis ini, tapi karena buku ini hanya bagi anak-anak untuk belajar membaca bukan untuk mengenai cerita. Jadi kalau menurut saya cerita saya itu tidak cukup hanya satu buku, ini bukunya banyak dipotong-potong,” katanya.

Misnarni Syamsuar yang juga menjadi Ketua TP PKK Provinsi Riau ini menjelaskan, buku ‘Sita Belajar Menjahit’ di tulisnya karena melihat keresahan yang ada pada zaman sekarang.

Buku yang berisi 24 halaman tersebut di terbitkan PT. Erlangga dengan Tim Editor Putri Fitrisia dan Widrati Hapsari, Ilustrasi, Melyana Dewi, Desain dan Layout Edith

Menurutnya, saat ini banyak sekali anak-anak muda lebih kecanduan menggunakan gawai ketimbang membaca buku. Sehingga langkahnya tersebut merupakan cara untuk membakitkan anak agar gemar membaca.

“Jadi kami lihat situasi dan kondisi kehidupan kita saat ini dimana anak-anak muda kita lebih Tergantung sekarang ini pada hp karena semua hal apapun semuanya ada di HP. Itu jadi saya tergerak untuk membukukan tentang keahlian yang saya punya, untuk dapat bermanfaat bagi anak cucu kita mendatang,” jelanya.

“Nah ibu-ibu sekalian dengan semua kebiasaan yang kita punya marilah kita kembangkan bakat diri kita, karena itu saya harapkan buku ini bisa jadi model dan contoh serta motivasi diri untuk anak-anak dan cucu kita ke depan.” lanjutnya.

Sementara itu, Asissten Managing Director Penerbit Erlangga Fikri Somyadewi menerangkan, bahwa pihaknya tergerak menerbitkan tulisan Bunda Literasi Riau ini karena buku cerita anak merupakan wujud dari implementasi gerakan Gemar Membaca bagi anak usia dini serta mendukung gerakan literasi termasuk dari penerbitan buku cerita kita belajar menjahit.

“Selain itu buku cerita dari kita belajar menjahit yang ditulis oleh ibu Hj misnarni kami terbitkan dengan tujuan untuk mengedukasi anak usia dini bahwa kegiatan belajar menjahit merupakan sebuah keterampilan yang penting untuk dimiliki,” terangnya.

Fikri Somyadewi ungkapkan, meskipun sekarang ini di tengah derasnya era digital. Buku ini dapat juga menjadikan anak-anak untuk mengenal bagaimana caranya belajar menjahit.

Sebab dari belajar menjahit tersebut diharapkan anak dapat melatih kesabaran dan ketekunan serta membangun kreativitas mereka.

“Lebih jauh lagi lewat cerita yang dihadirkan oleh ibu Hj misnarni, anak diharapkan untuk berlatih koordinasi mata dan tangan, kemudian melatih merencanakan dan mempersiapkan mendorong kreativitas mereka, melatih berhitung, melatih kesabaran dan ketekunan tentunya dengan cara yang mudah dan menyenangkan,” pungkasnya dilansir mdcr.

Lebih lanjut, dalam acara ini di lakukan penyerahan sertifikat akreditasi A oleh Gubri Syamsuar untuk perpustakaan se Provinsi Riau Tahun 2023. Adapun yang menerimanya yaitu :

1 Perpustakaan Soeman HS Provinsi Riau.
2 Perpustakaan Bono SMKN 1 Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelawawan.
3 Perpustakaan Pelita SMAN 2 Singingi Hilir Kabupaten Kuantan Singingi.
4 Perpusatakaan Aksara SMAN 1 Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir.
5 Perpustakaan Digital Tengku Ghazali SMKN 1 Kempas Kabupaten Indragiri Hilir.
6 Perpustakaan Dang Merdu SMAN 1 Gaung Kabupaten Indragiri Hilir.
7 Perpustakaan Tuah Jemala SMAN 2 Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir.
8 Perpustakaan Suntung Ardi SMKN 1 Tembilahan Hulu Kabupaten Indragiri Hilir.
9 Perpustakaan Taman Ilmu SDN 008 Tembilahan Hulu Kabupaten Indragiri Hilir.*

About The Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *