14 April 2024

KAMPAR (mediamelayu) – Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar bersama istri, Misnarni menghadiri event wisata Balimau Kasai di Desa Batu Belah, Rabu (22/3/2023).

Gubernur Syamsuar mengatakan bahwa event wisata balimau kasai merupakan kegiatan religi, budaya, dan termasuk bagian dari wisata yang harus dipertahankan.

Ia menjelaskan bahwa saat ini pemerintah sedang menggerakkan wisata, pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dengan sebutan Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan gerakan Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI).

“Alhamdulillah saya bersama Pj Bupati dan ninik mamak mengikuti rangkaian acara balimau kasai. Kegiatan ini merupakan event wisata sekaligus budaya,” kata Syamsuar dilansir mdcr.

“Event wisata balimau kasai adalah bagian dari BBI dan BBWI karena dengan adanya kegiatan tersebut masyarakat setempat dan UMKM bisa berjualan. Tentunya akan menambah pendapatan masyarakat sehingga lebih sejahtera,” tambahnya.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Syamsuar ingin event wisata ini terus dipertahankan agar anak cucu dapat memanfaatkan event wisata tahunan tersebut dan kedepannya bisa ditingkatkan supaya tidak hilang ditelan masa.

Pj Bupati Kampar, Kamsol menjelaskan bahwa balimau kasai adalah sebuah upacara tradisional yang istimewa bagi masyarakat Kampar di Provinsi Riau untuk menyambut bulan suci Ramadhan.

Acara ini dilaksanakan sekali dalam setahun yaitu sehari menjelang masuknya bulan Ramadhan. Upacara tradisional ini sebagai ungkapan rasa syukur dan kegembiraan memasuki bulan puasa.

“Balimau sendiri bermakna mandi dengan menggunakan air yang dicampur jeruk, yang oleh masyarakat Kampar sendiri disebut limau,” katanya.

“Bagi masyarakat Kampar, kasai adalah pengharum badan, ini dipercayai dapat mengusir segala macam rasa dengki yang ada dalam kepala, sebelum memasuki bulan puasa,” imbuhnya.

Pada acara tersebut juga terlihat berlabuh di Anjungan balimau Kasai Desa Batu Belah sampan hias yang sangat unik dengan berbagai desain yang menyejukkan pandangan.

Selain itu, di lokasi anjungan balimau kasai Desa Batu Belah sebagai pusat kegiatan event wisata balimau kasai ini juga terlihat ribuan masyarakat yang ikut memeriahkan serta mandi di pinggiran Sungai Kampar.

Gubernur Syamsuar juga melakukan penandatangan prasasti kegiatan Event Wisata Balimau Kasai sekaligus menyerahkan bantuan.

Pada event tahunan tersebut Gubernur Syamsuar didampingi Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau, Pj Bupati Kampar, Ninik Mamak, dan tamu undangan lainnya.*

About The Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *