13 Juli 2024

PEKANBARU (mediamelayu) – Ujian kelulusan siswa untuk jenjang SMA sederajat di Provinsi Riau dijadwalkan mulai dilaksanakan 3 April 2023 mendatang. Jadwal tersebut sesuai yang sudah tercantum dalam kalender pendidikan.

Plt Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau, M Job Kurniawan, Senin (27/3/2023) mengatakan, meski jadwal ujian kelulusan siswa SMA sederajat sudah ditetapkan di dalam kalender pendidikan, namun jadwal tersebut bisa saja berubah.

Sebab saat ini sudah tidak ada lagi istilah Ujian Nasional. Sehingga kewenangannya sudah diambil oleh masing-masing sekolah.

“Kalau sesuai kalender pendidikan memang tanggal 3 April, tapi kalau ada kesepakatan dari seluruh kepala sekolah mau dimajukan juga tidak masalah,” kata Job.

Namun ditegaskan Job, jika ujian akhir sekolah tersebut akan dimajukan harus ada kesepakatan melalui Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS).

“Hasil rapat itu lah nanti yang dilaporkan ke kami kalau memang ingin dipercepat ujiannya,” ujarnya seperti dilansir mdcr.

Kebijakan tersebut boleh dilakukan, sebab saat ini ujian kelulusan diserahkan sepenuhnya ke pihak sekolah. Berbeda dengan kebijakan beberapa tahun yang lalu di mana kelulusan siswa ditetapkan dari nilai Ujian Nasional (UN).

“Kalau sekarang kan tidak ada lagi istilah ujian nasional. Kelulusan siswa sudah diserahkan ke sekolah masing-masing, jadi tergantung sekolah ujiannya seperti apa, mereka yang menentukan. Termasuk teknis ujiannya juga diserahkan ke sekolah masing-masing,” katanya.*

About The Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *