20 Juni 2024

PEKANBARU (mediamelayu) -Tim Pengawas Ketenagakerjaan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Riau mendapat penolakan saat akan melakukan investigasi terkait ledakan yang terjadi di kilang Pertamina RU II Dumai.

“Setelah menerima informasi, kita langsung perintahkan tim pengawas ketenagakerjaan untuk turun langsung setelah tarawih. Namun di lapangan pihak Pertamina tidak bersedia bekerja sama dan menolak kedatangan tim untuk masuk ke lokasi,” jelas Kadisnakertrans Riau, Imron Rosyadi.

Imron menjelaskan, malam itu kejadiannya memang mendadak, sehingga kedatangan tim tidak perlu dilengkapi dengan SPT.

“Kita ingin masuk ke lapangan untuk melakukan investigasi penyebab dan kronologis terjadinya ledakan,” papar Imron lagi.

Atas penolakan tersebut, Disnakertrans akan melakukan pemanggilan terhadap pihak manajemen.

“Penolakan ini menghalangi tugas pengawas ketenagakerjaan,” ujar Kadis.

Sebelumnya, Kilang Pertamina RU II Dumai diketahui meledak pada Sabtu malam (1/3/2023). Kejadian itu menggemparkan Kota Dumai. Peristiwa ini berdampak hingga radius 2 kilometer dari titik pusat terjadinya ledakan.

Banyak bangunan di sekitar kilang yang rusak. Bahkan satu masjid yang tak jauh dari lokasi terlihat rusak dan rubuh pada bagian atap.

Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi meliris korban luka-luka sebagai berikut:

  1. Deni Indra Cahya, Kondisi : Mengalami Luka robek dahi kanan ukuran 0,5 cm.
  2. Suprasto Widoyo, Kondisi : Mengalami Luka lecet di dekat telinga kanan dan dahi uk 0,5 cm
  3. Kahalilul Rahman, Kondisi : Mengalami Luka robek di hidung kanan uk 0,5 cm, luka robek di jari tengah kanan 1cm, sempat mengalami sesak napas.
  4. Muhammad Farhan, Kondisi : Mengalami Luka robek di kepala, telinga, ibu jari kaki kiri, ibu jari telunjuk kiri, tumit kiri.
  5. Dedi Munandar, Kondisi : Mengalami Luka robek di dagu kanan 0,5 cm.
  6. Rommel Suhara, Kondisi : Mengalami Luka lecet di telapak tangan dan luka lecet di pergelangan kaki kanan, lutut, kaki kanan terkilir (sprain).
  7. Baginda Restu, Kondisi : Mengalami Luka robek pada dahi kanan 1 cm, luka robek pada pangkal hidung kanan 0,5 cm.
  8. Febri Aydira, Kondisi : Mengalami Luka robek pada pangkal hidung diameter sebanyak 3, uk 0,5 cm, luka robek pada pelipis kiri diameter 0,5 cm, luka robek pelipis kanan 0,5cm, luka robek pada telapak tangan kanan.
  9. Yuliadi, Kondisi : Mengalami Luka robek pada dahi kanan diameter 3 cm.
  10. Ryan Hardi Kusuma, Kondisi : Sesak. (rls/berbagai sumber)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *