21 Februari 2024

Pekanbaru (mediamelayu) – Berita kebangkitan Yesus jauh hari sudah disampaikan, bahkan pemahaman ini belum selesai hingga saat ini. Perihal kebangkitan Yesus banyak umat manusia tidak mempercayainya, bahkan di tengah murid-murid Yesus masih bertanya-tanya.

Hal ini disampaikan Ketua Mawil IX (Riau-Bengkulu), Pdt Gunawan Song S.Th, M.A di Gereja Misi Injili Indonesia (GMII) Jemaat Nehemia Rejosari Pekanbaru, Minggu, 16 April 2023.

Dalam khotbah Minggu Raya ini mengambil tema “Damai Sejahtera Bagi Kamu” dan bacaan Firman Tuhan terambil dari Yohanes 20:19-23; Ketika hari sudah malam pada hari pertama minggu itu berkumpullah murid-murid Yesus di suatu tempat dengan pintu-pintu yang terkunci karena mereka takut kepada orang-orang Yahudi.

Pada waktu itu datanglah Yesus dan berdiri di tengah-tengah mereka dan berkata: “Damai sejahtera bagi kamu! Dan sesudah berkata demikian, Ia menunjukkan tangan-Nya dan lambung-Nya kepada mereka.

Murid-murid itu bersukacita ketika mereka melihat Tuhan. Maka kata Yesus sekali lagi: “Damai sejahtera bagi kamu! Sama seperti Bapa mengutus Aku, demikian juga sekarang Aku mengutus kamu. Dan sesudah berkata demikian, Ia mengembusi mereka dan berkata: “Terimalah Roh Kudus. Jikalau kamu mengampuni dosa orang, dosanya diampuni, dan jikalau kamu menyatakan dosa orang tetap ada, dosanya tetap ada.”

Pdt Gunawan Song menyampaikan bahwa kita harus terima Yesus. Hal ini akan membuat hidup kita berjalan dengan baik. Kalau kita sungguh-sungguh menerima Yesus, maka di depan ada jalan dibukakan.

Manusia terkadang tidak memandang Tuhan dan bahkan menyalahkan Tuhan karena tidak mampu menyelesaikan masalah kita. Pentingnya iman dalam perbuatan kita, maka masalah akan diselesaikan. Bahkan kalau tanpa iman kita melakukannya adalah dosa.

Yesus tidak bisa dibatasi ruang dan waktu. Walau ada pergumulan besar, Tuhan tetap datang menolong. Yesus menunjukkan dan menyatakan diri tentang kebangkitan-Nya adalah Tuhan yang sama sebelum Dia disalibkan.

Yesus menyatakan bahwa tugas dari Bapa sudah selesai. Bahwa kita pun sanggup juga menyelesaikan tugas pelayanan di dunia ini. Yesus ingin menyatakan kepada umat manusia bahwa Dia telah bangkit.

Tugas pemberitaan Injil masih belum selesai. Tugas yang kita lakukan harus ada roh yang dari Tuhan.

Roh Kudus adalah jaminan atas berkat-berkat-Nya. Misi Tuhan dalam diri dan terhadap keluarga kita untuk menyerahkan diri kepada Yesus Kristus sebagai juruselamat. Roh Kudus sebagai tanda kita telah menerima kelahiran baru.

Untuk mengerti Tuhan yang telah bangkit itu perlu membuka mata kita yang terselubung. Sangat sulit membuktikan bahwa Tuhan Yesus telah bangkit.
Kalau Tuhan yang bekerja, tidak ada yang tidak mungkin.

Yesus bangkit untuk memulihkan kehidupan. Tuhan ingin memakai kita untuk melaksanakan tugas pelayanan atau Amanat Agung yang sudah Tuhan selesaikan dan kita lanjutkan kembali untuk kita selesaikan. Selamat hari Minggu dan Tuhan Yesus memberkati.*

About The Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *