21 Februari 2024

Pdt Nio Lainsamputy M.Th

Pekanbaru (mediamelayu) – Kuasa Tuhan memberikan talenta kepada setiap kita yang percaya. Bahkan talenta yang kita miliki bisa lebih dari satu. Hal inilah bentuk dari kuasa kebangkitan Tuhan Yesus. Tuhan membaharui hati dan kehidupan kita setiap hari.

Demikian disampaikan Pdt Nio Lainsamputy M.Th, Gereja Misi Injili Indonesia (GMII) Jemaat Nehemia Rejosari Pekanbaru, dalam khotbah raya, Minggu 14 Mei 2023.

Adapun ayat bacaan Firman Tuhan terambil dari Filipi 3:7-11; Tetapi apa yang dahulu merupakan keuntungan bagiku, sekarang kuanggap rugi karena Kristus.

Malahan segala sesuatu kuanggap rugi, karena pengenalan akan Kristus Yesus, Tuhanku, lebih mulia dari pada semuanya. Oleh karena Dialah aku telah melepaskan semuanya itu dan menganggapnya sampah, supaya aku memperoleh Kristus, dan berada dalam Dia bukan dengan kebenaranku sendiri karena menaati hukum Taurat, melainkan dengan kebenaran karena kepercayaan kepada Kristus, yaitu kebenaran yang Allah anugerahkan berdasarkan kepercayaan.

Yang kukehendaki ialah mengenal Dia dan kuasa kebangkitan-Nya dan persekutuan dalam penderitaan-Nya, di mana aku menjadi serupa dengan Dia dalam kematian-Nya, supaya aku akhirnya beroleh kebangkitan dari antara orang mati.

Orang mengalami kuasa kebangkitan Tuhan. Roh Tuhan tinggal dalam orang tersebut, inilah yang penting sebab di sana ada kuasa kebangkitan Tuhan Yesus.

Dalam hal berdoa hendaknya sesuai dengan kebenaran firman Tuhan, berdoa hendaknya sungguh-sungguh. Amsal 28:9; Siapa memalingkan telinganya untuk tidak mendengarkan hukum, juga doanya adalah kekejian. Allah tidak akan menjawab doa orang yang tidak sungguh-sungguh mengabdi untuk taat kepada-Nya dan firman-Nya.

Orang yang suam-suam kukuh dalam hidupnya atau tidak jelas arah kehidupannya, maka tidak akan mengalami kuasa kebangkitan Tuhan Yesus.

Kita hendaknya bisa melihat masalah yang lalu dan mengalami pembaharuan hidup, hal ini mengalami kuasa kebangkitan dalam hidup kita.

Masa lalu terkadang ada pembanggaan atau penyombongan, pada hal sebenarnya itu adalah sampah, bukan kebanggaan tertentu yang dijadikan dasar kehebatan sebab Yesuslah yang dimuliakan, tunduk kepada Tuhan bukan kepada manusia.

Hendaknya menghargai Tuhan sebab bila kita menghargai dan mengikut Tuhan pastilah mengalami kuasa kebangkitan Tuhan.

Tanggalkan masa lalu dan kebanggaan-kebanggan itu di dalam Tuhan. Masa lalu bukan kebanggaan tapi mengarahkan kepada Tuhan Yesus.

Mulai mengikuti kebenaran Allah karena dengan percaya dan iman akan mengalami kuasa kebangkitan Tuhan Yesus.

Kalau orang masih menyaksikan kehebatannya itu berasal dari iblis, orang ini tidak mengalami kuasa kebangkitan Tuhan Yesus.

Karena percaya kepada Tuhan akan mengalami pembaharuan karakter, pembaharuan hidup. Mengikut Tuhan berarti mengikuti kebenaran, akan mengalami sukacita yang ditaruh dalam hati.

Orang mulai bersekutu dengan Tuhan akan mengalami kuasa kebangkitan. Hati mulai rindu untuk bersekutu, berdoa dengan sungguh-sungguh dengan Tuhan dan mendengarkan firman Tuhan merupakan bentuk mengalami kuasa kebangkitan Tuhan.

Orang yang suka bersekutu dengan Tuhan. Hidup dalam kuasa Tuhan. Kuasa Tuhan bisa melampaui apa yang kita pikirkan.

Memberikan pengampunan kepada orang lain merupan juga bentuk yang mengalami kuasa kebangkitan Tuhan.

Koreksilah diri sendiri. Ada saatnya bersama-sama dengan Tuhan Yesus dalam proses kebangkitan. Selamat hari Minggu, Tuhan memberkati.*

About The Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *