13 Juli 2024

JAKARTA – Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar menyampaikan apresiasi atas diselenggarakannya Kenduri Budaya Riau 2023 yang ditaja oleh Persatuan Masyarakat Riau Jakarta (PMRJ) berlangsung di Taman Mini Indonesia Indah, Sabtu (10/6/23) malam.

Gubri menerangkan, kegiatan kenduri budaya Riau di Jakarta ini merupakan suatu kegiatan yang sangat baik dalam rangka mempromosikan Riau, sekaligus mempromosikan usaha-usaha UMKM Riau yang ada di Negeri Melayu Provinsi Riau.

“Karena bagaimanapun ini anjungan TMII ini juga digunakan untuk promosi, bisa dijadikan tempat promosi produk-produk yang ada di Riau dan apalagi kami sangat senang PMRJ juga ikut melestarikan budaya Riau di Jakarta,” sebutnya.

Syamsuar menerangkan, Provinsi Riau itu memiliki beragam kebudayaan, sehingga dengan adanya kegiatan Kenduri Budaya Riau 2023 di Jakarta maka akan semakin banyak orang yang mengenal budaya Riau.

Mantan Bupati Siak tersebut melanjutkan, dirinya sangat berterima kasih atas kegiatan-kegiatan bermakna yang diselenggarakan untuk mempromosikan Riau, apalagi ini memang juga mendukung kegiatan-kegiatan kebudayaan Riau.

“Ketua Umum PMRJ sudah punya gagasan lah mempromosikan Provinsi Riau ini, bahkan juga pada tahun lalu kami bangga juga mengucapkan terima kasih juga ada keikutsertaan PMRJ dalam kegiatan merayakan hari ulang tahun Provinsi Riau dan kegiatan lainnya di Riau,” ucapnya.

Gubri melanjutkan, pemerintah pusat telah memberikan amanah ada sembilan provinsi tahun 2023 ini mempromosikan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia ini, salah satunya adalah Provinsi Riau.

Dia menerangkan, Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia ini adalah upaya untuk mempromosikan UMKM, sekaligus gerakan bangga berwisata di Indonesia yang dicanangkan oleh Presiden setelah pemulihan ekonomi.

“Jadi bapak Presiden menyampaikan kepada kami kita harus memajukan semua produk-produk UMKM sekaligus juga mempromosikan desa-desa wisata ataupun tempat wisata-wisata yang ada di berbagai daerah, termasuk Riau,” ucapnya.

Oleh karena itu, Gubri mengharapkan dukungan dari PMRJ agar ikut serta menyemarakkan gerakan Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata di Indonesia, khusunya ke Provinsi Riau.

“Kita harapkan adanya gerakan nasional ini makin orang mengenal apa saja produk-produk UMKM yang ada di Riau dan produk UMKM Riau itu bagus-bagus. Kami mohon support, mohon dukungan dan mohon doa semoga tentunya hajat besar kita ini sekaligus juga promosi Indonesia di kancah dunia mudah-mudahan dapat diwujudkan,” harap orang nomor satu di Riau itu.

Sementara itu ketua PMRJ, Komjen Pol Gatot Eddy Pramono menerangkan jika Malam Puncak Kenduri merupakan momen untuk mempererat silaturahmi, sekaligus melestarikan adat budaya yang harus selalu dikembangkan walaupun di perantauan.

Komjen Pol Gatot Eddy menambahkan, PMRJ juga memiliki banyak program-program yang akan bekerja sama dengan berbagai pihak dalam hal menjaga nilai adat dan budaya Melayu Riau.

Kemudian juga bagaimana meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia yang ada di Provinsi Riau, sekaligus juga bagaimana meningkatkan UMKM yang ada.

“Kita PMRJ melakukan pelatihan keterampilan diberbagai kabupaten kota, supaya animonya tinggi kita berikan doorprize. Di Pekanbaru kita juga sudah bangun toko oleh-oleh dan kota menempatkan UMKM kita di sana,” ucapnya seperti dilansir mediacenterriau. (*)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *