21 Februari 2024

Pdt Nio Lainsamputy M.Th, Gereja Misi Injili Indonesia (GMII) Jemaat Nehemia Rejosari Pekanbaru, menyampaikan khotbah minggu raya, Minggu 18 Juni 2023.

PEKANBARU (mediamelayu) – Allah mengendalikan semua kehidupan di dunia, mulai dari binatang buas, lautan bisa saja bergelombang tinggi atau tsunami, warna warni pelangi dan bintang di angkasa, gunung, lembah dan hutan dengan pemandangan yang indah. Allah memperhatikan semua itu. Allah mampu mengatur segala isi dunia, bahkan Tuhan masih memperhatikan kebutuhan masing-masing setiap orang percaya.

Demikian disampaikan Pdt Nio Lainsamputy M.Th, Gereja Misi Injili Indonesia (GMII) Jemaat Nehemia Rejosari Pekanbaru, dalam khotbah minggu raya, Minggu 18 Juni 2023.

Adapun ayat bacaan Firman Tuhan terambil dari Keluaran 3:10-22; Jadi sekarang, pergilah, Aku mengutus engkau kepada Firaun untuk membawa umat-Ku, orang Israel, keluar dari Mesir. Tetapi Musa berkata kepada Allah: “Siapakah aku ini, maka aku yang akan menghadap Firaun dan membawa orang Israel keluar dari Mesir?”

Lalu firman-Nya: “Bukankah Aku akan menyertai engkau? Inilah tanda bagimu, bahwa Aku yang mengutus engkau: apabila engkau telah membawa bangsa itu keluar dari Mesir, maka kamu akan beribadah kepada Allah di gunung ini. Lalu Musa berkata kepada Allah: “Tetapi apabila aku mendapatkan orang Israel dan berkata kepada mereka: Allah nenek moyangmu telah mengutus aku kepadamu, dan mereka bertanya kepadaku: bagaimana tentang nama-Nya? apakah yang harus kujawab kepada mereka?”

Firman Allah kepada Musa: “AKU ADALAH AKU.” Lagi firman-Nya: “Beginilah kaukatakan kepada orang Israel itu: AKULAH AKU telah mengutus aku kepadamu.”

Selanjutnya berfirmanlah Allah kepada Musa: “Beginilah kaukatakan kepada orang Israel: TUHAN, Allah nenek moyangmu, Allah Abraham, Allah Ishak dan Allah Yakub, telah mengutus aku kepadamu: itulah nama-Ku untuk selama-lamanya dan itulah sebutan-Ku turun-temurun.

Pergilah, kumpulkanlah para tua-tua Israel dan katakanlah kepada mereka: TUHAN, Allah nenek moyangmu, Allah Abraham, Ishak dan Yakub, telah menampakkan diri kepadaku, serta berfirman: Aku sudah mengindahkan kamu, juga apa yang dilakukan kepadamu di Mesir. Jadi Aku telah berfirman: Aku akan menuntun kamu keluar dari kesengsaraan di Mesir menuju ke negeri orang Kanaan, orang Het, orang Amori, orang Feris, orang Hewi dan orang Yebus, ke suatu negeri yang berlimpah-limpah susu dan madunya. Dan bilamana mereka mendengarkan perkataanmu, maka engkau harus beserta para tua-tua Israel pergi kepada raja Mesir, dan kamu harus berkata kepadanya: TUHAN, Allah orang Ibrani, telah menemui kami; oleh sebab itu, izinkanlah kiranya kami pergi ke padang gurun tiga hari perjalanan jauhnya untuk mempersembahkan korban kepada TUHAN, Allah kami.

Tetapi Aku tahu, bahwa raja Mesir tidak akan membiarkan kamu pergi, kecuali dipaksa oleh tangan yang kuat. Tetapi Aku akan mengacungkan tangan-Ku dan memukul Mesir dengan segala perbuatan yang ajaib, yang akan Kulakukan di tengah-tengahnya; sesudah itu ia akan membiarkan kamu pergi.

Dan Aku akan membuat orang Mesir bermurah hati terhadap bangsa ini, sehingga, apabila kamu pergi, kamu tidak pergi dengan tangan hampa, tetapi tiap-tiap perempuan harus meminta dari tetangganya dan dari perempuan yang tinggal di rumahnya, barang-barang perak dan emas dan kain-kain, yang akan kamu kenakan kepada anak-anakmu lelaki dan perempuan; demikianlah kamu akan merampasi orang Mesir itu.

Allah merancangkan masa depan setiap manusia. Kita memiliki latar belakang yang berbeda dalam rancangan Allah.

Rencana dan rancangan Tuhan membentuk karakter yang baik. Syukurilah setiap latar belakang kita, karena Tuhan sedang merancang dan membentuknya.

Terkadang kita menikmati kondisi yang enak atau susah, sebenarnya ini adalah rancangan Tuhan untuk dipersiapkan sebagai pribadi setiap manusia.

Latar belakang apapun yang kita alami tapi percayalah Tuhan sedang merancang, Tuhan sudah mengatur dan memilih kita untuk hidup suci.

Orang yang dibentuk Tuhan akan memiliki hati yang suci, selalu kerendahan hati yang keluar dari tindakan dan perbuatan kita.

Sebelum dunia diciptakan, setiap manusia sudah dirancangkan Tuhan.

Kekuasaan yang diberikan Tuhan itu ada jangka waktunya. Tidak ada yang kekal.

Allah datang memperkenalkan diri kepada manusia sebagai umat tebusannya. Allah mencari manusia untuk jalan keselamatan.

Lihatlah keberadaan dan kebesaran Tuhan di dalam hidup ini. Tuhan akan memampukan setiap manusia, memampukan setiap kita untuk melayani Tuhan. Jangan berorientasi kepada diri sendiri sehingga beranggapan tak mampu. Namun setiap karunia Tuhan sudah dirancangkan dari semula.

Ketika kita membukakan hati kepada Tuhan, maka dia akan memperlengkapi kita dengan segala kemampuan. Tuhan menjadi jaminan kita.

Allah datang kepada setiap pribadi manusia untuk hidup yang suci sehingga kehidupan kita akan dijamin Tuhan.

Tuhan mendengar jeritan dan derita setiap manusia. Tuhan mengerti dan mendengar keluhan setiap manusia. Allah mencukupkan segala kebutuhan manusia. Bahkan Allah memberikan upah setiap manusia.

Efesus 1:4; Sebab di dalam Dia, Allah telah memilih kita sebelum dunia dijadikan, supaya kita kudus dan tak bercacat di hadapan-Nya. Selamat hari Minggu dan Tuhan memberkati.***

About The Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *