15 April 2024

PEKANBARU – Salah satu produk penelitian mahasiswa Universitas Riau (UNRI) yang ditampilkan pada kegiatan Bukit Barisan Expo 2023 yang digelar sejak Jumat 16 Juni 2023 dalam rangka Hari Ulang Tahun Komando Daerah Militer I/Bukit Barisan (Kodam I/BB) ke-73 memperoleh Peringkat I pada Perlombaan Inovasi Teknologi Tepat Guna Kategori Mahasiswa dan Pelajar Provinsi Riau Tahun 2023.

Inovasi yang terpilih adalah Design and Develovment of an IoT-enabled Green Energy Smart Planter for Sustainable Urban Agriculture. Teknologi Tepat Guna ini merupakan inovasi dari Mahasiswa Teknik Elektro UNRI, diantaranya Muhammad Nur Mahmudi, Dimas Rama Adji Pangestu, Andri Muhdar, dan Salpiana.

Smart Planter Agriculture berbasis IoT ini dilatarbelakangi oleh bertambahnya penduduk, sementara jumlah lahan untuk pertanian terus berkurang. Padahal pangan merupakan suatu kebutuhan yang vital sehingga dibutuhkan trobosan untuk menciptakan tempat untuk melakukan agrikultur (pertanian) tanpa tergantung pada lahan konvensional.

“Dengan adanya Smart Planter Berbasis IoT, maka kontrol dapat dilakukan dengan jarak jauh, sehingga aksesibilitas, monitoring, kontrol terhadap tanaman dengan jarak jauh. Sehingga saat kita melakukan aktivitas sehari, seperti aktivitas ke kantor, bekerja dan lainya,” jelas Mahmudi, salah seorang mahasiswa peneliti, Sabtu (17/06/2023) malam.

Lebih lanjut, tanaman masih bisa di monitor dan dikontrol serta juga dapat diaktifkan mode otomatisasi sehingga kita tidak perlu melakukan pengontrolan sama sekali. Alat ini dilengkapi sensor kelembaban tanah, sensor suhu, sensor intensitas cahaya, sensor kelembaban udara.

“Alat ini juga menggunakan konsep tumpang sari yang artinya air buangan dari akar tumbuhan digunakan untuk nutrisi ikan yang ada di bawah dan dipompa/alirkan kembali ke tanaman. Sehingga nutri tanaman dan ikan sama-sama terpenuhi,” tambahnya lagi.

Terkait perolehan peringkat ini, Prof Dr Ir Azriyenni ST M Eng, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Fakultas Teknik UNRI yang hadir saat acara penutupan Expo Bukit Barisan sangat mengapresiasi atas perolehan peringkat ini.

“Alhamdulillah usaha mahasiswa untuk menghasilkan inovasi berupa Teknologi Tepat Guna membuahkan hasil. Ini menjadi bukti bahwa Mahasiswa UNRI itu sangat kreatif jika kita arahkan dan difasilitasi dalam membangun hal-hal yang inovatif,” sebut Profesor di Fakultas Teknik ini seperti dilansir mediacenterriau. (jesica)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *