15 April 2024

PEKANBARU (MediaMelayu.com) – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru telah merilis prakiraan cuaca dan status hotspot di Provinsi Riau pada Sabtu, 24 Juni 2023.

Forecaster BMKG Pekanbaru, Moh Ibnu menjelaskan bahwa pagi hari ini, cuaca cerah berawan hingga berawan serta terdapat potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang di sebagian wilayah Kabupaten Siak.

“Sedangkan untuk siang harinya cuaca cerah berawan hingga berawan tanpa potensi hujan,” jelas Moh Ibnu.

Untuk sore hingga malam hari, cuaca diprakirakan cerah berawan hingga berawan. Terdapat potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang di sebagian wilayah Bengkalis, Rokan Hilir, Rokan Hulu, Kampar, Siak, Kuantan Singingi, Indragiri Hulu, Indragiri Hilir, Dumai, dan Pekanbaru.

Dini hari diprakirakan cuaca cerah hingga cerah berawan. Terdapat potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang di sebagian wilayah Bengkalis, Rokan Hilir, Kampar, Siak, Kuantan Singingi, Indragiri Hulu, Indragiri Hilir, dan Dumai.

“Masyarakat diimbau untuk mewaspadai hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang, yang berpotensi terjadi di sebagian wilayah Rokan Hulu, Bengkalis, Siak, Pelalawan, Meranti, Dumai, dan Pekanbaru pada sore, malam, dan dini hari,” jelasnya.

Selanjutnya, untuk rentang suhu udara diantara 22,0 – 34,0 °C, kelembapan udara 50 – 98%, arah angin Tenggara – Barat Daya dengan kecepatan 9 – 27 km per jam.

“Untuk prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau diperkirakan berkisar antara 0,50 – 1,25 meter atau rendah,” jelasnya.

Untuk total hotspot di Sumatera sebanyak 46 titik. Yaitu terdiri dari Aceh 1, Jambi 8, Lampung dan Sumatera Selatan masing-masing 5, Bangka Belitung 24 . Riau 3 titik, yakni Kabupaten Pelalawan, Siak, Indragiri Hulu masing-masing 1 titik. 

Sumber :BMKG/Media Center Riau

About The Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *