21 Februari 2024

SUMATERA SELATAN (MediaMelayu.Com) – Mobil Unit Penerangan (MUPEN) milik Perwakilan BKKBN Provinsi Riau mengikuti Temu Mobil Unit Penerangan Jawa Sumatera (MUPEN JAWARA) bersama puluhan unit Mupen dari seluruh Perwakilan di Pulau Jawa dan Sumatera.

Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Hasto Wardoyo melepas secara resmi 40 unit MUPEN Jawa-Sumatera. Kegiatan ini juga di hadiri oleh Asisten I Pemprov Sumatera Selatan Edward Chandra, Sestama BKKBN RI, seluruh kepala perwakilan BKKBN se-Indonesia dan petugas pelayanan MUPEN dari masing-masing Provinsi.

Seluruh MUPEN yang berpartisipasi pada kegiatan ini berkumpul di Plaza Barat Gelora Sriwijaya, Jakabaring, Palembang, Rabu (05/07/2023). Jarak tempuh dari Jakarta hingga Palembang sekitar 532 Kilomter dengan waktu tempuh 3 (tiga) hari.

Kegiatan Temu MUPEN JAWARA ini merupakan salah satu rangkaian Puncak Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-30 tahun 2023 yang digelar BKKBN di Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan.

Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Dr. (H.C.) dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG.(K) mengungkapkan MUPEN yang berkonvoi dari Jakarta hingga Palembang bukan hanya menjadi ajang perjalanan dan penyebaran informasi tentang program Bangga Kencana (Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana) dan stunting. Namun diharapkan mampu memberikan dampak baik kepada masyarakat di lokasi yang disinggahi.

“MUPEN ini memiliki nilai filosofis, bahwa kita harus mampu menembus batas-batas daerah terpencil untuk bisa hadir dan memberikan layanan pada masyarakat”, ujar Hasto.

Dijelaskan Hasto, saat ini di Indonesia masih terdapat 40 persen daerah terisolir yang tidak tersentuh layanan pemerintah. Walaupun saat ini sudah di era digital, bisa dilakukan melalui online namun ada yang tidak bisa dilakukan secara online. MUPEN BKKBN sangat strategis fungsinya untuk menjangkau daerah terpencil yang tidak bisa dilalui oleh mobil biasa, terutama untuk percepatan penurunan stunting

“Saya selalu ingat pesan Presiden Joko Widodo, Nawacita itu semangatnya adalah membangun Indonesia dari pinggiran. Melalui kegiatan ini kita harus mampu memberikan layanan yang utama di daerah-daerah yang susah di jangkau atau daerah tertinggal. Saya berharap kegiatan MUPEN ini menjadi daya ungkit dan bisa diaktifkan kembali dengan mempertimbangkan perkembangan teknologi dan kearifan lokal. Sehingga juga mampu mendukung upaya percepatan penurunan stunting.” lanjutnya

Pelepasan Mobil Unit Penerangan (MUPEN) Jawa Sumatera (JAWARA) BKKBN dalam Rangkaian Acara Puncak Harganas ke-30 di Plaza Barat Gelora Sriwijaya, Jakabaring, Palembang, Rabu (05/07/2023)

Sementara itu, Kepala Perwakilan BKKBN Riau, Mardalena Wati Yulia yang ikut hadir dalam kegiatan Temu MUPEN JAWARA mengatakan bahwa Provinsi Riau ikut berpatisipasi dalam memberikan pelayanan hingga ke perbatasan, dengan menurunkan 1 unit MUPEN. 

“Pelayanan KIE dan pelayanan kontrasepsi diberikan tanpa batas kepada masyarakat, baik yang berada di daerah perbatasan. Selain itu, kegiatan ini juga sebagai ajang promosi dalam menyampaikan program BKKBN di tengah masyarakat, khususnya percepatan penurunan stunting” ucap Mardelana. 

Pihaknya, juga sangat bersyukur karena bisa ikut menggarap langsung ke daerah-daerah yang tidak bisa dilalui dan belum mendapatkan pelayanan. 

Dalam ajang Temu MUPEN JAWARA ini disampaikan sejumlah penghargaan dan Provinsi Riau berhasil meraih salah satu penghargaan yakni Peringkat 3 Apresiasi Pelayanan KIE Terbaik dari total 40 MUPEN yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini. (Rls)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *