13 Juli 2024

PEKANBARU – Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Pekanbaru mulai menjemput bola dengan melakukan Sertifikasi dan Informasi Keliling (Starling) di beberapa tempat.

Ketua Tim Sertifikasi BBPOM di Pekanbaru, Yossi Fitriani mengatakan, hal itu dilakukan sebagai tindak lanjut komitmen serta dukungan terhadap program Sinergi Pendampingan Terpadu Izin Edar yang Ramah Lingkungan (Sipetir Aman) untuk kemudahan akses perizinan seperti NIB, NPWP, Halal, SPP-IRT dan BPOM, dan juga untuk pembiayaan dan promosi yang ramah lingkungan bagi UMKM.

“Starling ini merupakan komitmen serta dukungan terhadap program Sipetir Aman yang dilaunching beberapa waktu lalu, sebagai dukungan kita terhadap UMKM, sehingga semakin mudah untuk mendapatkan berbagai perizinan,” kata Yossi, Selasa (18/7/2023).

Ia mencontohkan, kegiatan yang dilaksanakan pada pekan pertama Juli lalu, yang digelar di Gerai Oleh-Oleh Vierra, yang juga dihadiri petugas helpdesk dari beberapa instansi, antara lain, Kanwil Ditjen Pajak Provinsi Riau, Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Dinas Penanaman Modal Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Pekanbaru, Satgas BPJPH Provinsi Riau dan Bank Riau Kepri Syariah.

“Dalam agenda tersebut sebanyak 30 pelaku usaha hadir dan memanfaatkan kesempatan ini untuk berkonsultasi,” imbuhnya seperti dilansir mediacenterriau.

Ia juga menambahkan, kolaborasi yang dilakukan melalui kegiatan Starling ini mampu mendukung percepatan proses perizinan pelaku usaha, di mana pelaku usaha yang terkendala pada masalah perizinan atau legalitas usaha (NIB, SPP-IRT, BPOM, Halal atau perpajakan (NPWP) hingga bantuan pembiayaan dapat langsung berkonsultasi dengan instansi terkait pada kegiatan tersebut.

Ia juga menyampaikan, tidak hanya gerai oleh-oleh, Komunitas UMKM dan Komunitas Masyarakat juga dapat memanfaatkan program Starling tersebut, dan nantinya akan ditindaklanjuti oleh pihak BPOM.***

About The Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *