13 Juli 2024

KUANTAN SINGINGI – Kegiatan Sosialisasi Tujuh Dimensi Lansia Tangguh dilaksanakan di Aula kantor Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Kuantan Singingi pada Jumat, 21 Juli 2023.

Target Proyek Prioritas Nasional (Pro PN) Bina Keluarga Lansia (BKL) Provinsi Riau pada Tahun 2023 sebanyak 111 Kelompok BKL. Terdapat 15 Kelompok BKL berada di Kabupaten Kuantan Singingi.

H. Said Masri, SH, M.Si selaku Ketua Pokja Bina Ketahanan Lansia memberikan sambutan mewakili Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Riau.

“Sekarang ini banyak orang-orang mengalami masalah kesehatan sebelum memasuki usia lansia dan sudah sering sakit, bahkan mengalami penyakit-penyakit seperti stroke, tekanan darah tinggi, diabetes, dan kolesterol”, ujarnya.

“Diharapkan seseorang dapat menjaga kesehatannya dengan rutin memeriksakan kesehatan, sehingga nantinya bisa menjadi lansia yang sehat”, imbuhnya.

Sosialisasi Tujuh Dimensi Lansia Tangguh di Aula kantor Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Kuantan Singingi (21/07/23)

Kepala DP2KBP3A Kabupaten Kuantan Singingi Drs. Rustam memberikan sambutan sekaligus membuka secara langsung kegiatan ini,
“Kami sangat mengapresiasi kelompok-kelompok kegiatan yang ada di desa-desa eks transmigrasi karena kegiatan berjalan dengan sangat baik dan penuh semangat” tuturnya.

Beliau juga menyampaikan bahwa apabila kader itu sukses dan bisa berkiprah dengan baik di Kelompok Kegiatan nantinya akan mendapat apresiasi dari pemerintah, yang terpenting bekerja ikhlas dan memberikan  yang terbaik untuk kesejahteraan masyarakat.

Selanjutnya penyampaian materi oleh Indriana Silitonga, SKM dari Dinas Kesehatan,
“Kita selaku caregiver atau pendamping lansia harus bisa menstimulasi dan mengajarkan lansia agar mandiri dan dapat menolong dirinya sendiri. Pendampingan perawatan jangka panjang ini perlu dilaksanakan agar lansia menjadi lansia yang aktif, produktif, mandiri dan sejahtera.

Materi berikutnya yaitu Tujuh Dimensi Lansia Tangguh oleh Wisdayati, S.AP.
Beliau mengatakan bahwa lansia adalah seseorang yang berusia lebih dari 60 tahun. Konsep dasar Lansia dikatakan tangguh dapat dilihat dari 7 Dimensi, yaitu Dimensi Spiritual, Dimensi Intelektual, Dimensi Fisik, Dimensi Emosional, Dimensi Sosial Kemasyarakatan, Dimensi Profesional Vokasional dan Dimensi Lingkungan. (Rls)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *