13 Juli 2024

Bupati Indragiri Hilir Muhammad Wardan

INHIL – Seorang warga Desa Kempas Jaya Kecamatan Kempas Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Riau tewas usai digigit anjing rabies. Korban sempat dilarikan ke RSUD Puri Husada Tembilahan namun nyawanya tidak terselamatkan.

Nyawa warga tersebut tidak terselamatkan meski sudah dibawa ke Puskesmas Kempas. Hal ini karena korban awalnya menganggap hanya digigit anjing biasa sehingga tidak melapor ke petugas kesehatan terdekat untuk mendapatkan vaksin.

Korban sempat dibawa ke Puskesmas Kempas, kemudian dirujuk ke RSUD Puri Husada. Namun sayang, nyawa korban tidak terselamatkan karena kondisinya semakin parah.

Bupati Indragiri Hilir Muhammad Wardan mengingatkan kepada warganya untuk dapat selalu waspada terhadap bahaya penularan penyakit virus rabies.

“Saat ini sedang terjadi 1 korban dari anjing rabies di Kabupaten Inhil, tepatnya di Desa Kempas Jaya Kecamatan Kempas, yang mengakibatkan 1 orang meninggal. Saya minta warga waspada,” kata Wardan saat dikonfirmasi Selasa (25/7).

Pasca kejadian tersebut, Wardan langsung meminta Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan Pemkab Inhil dan Dinas Kesehatan untuk dapat bergerak cepat melaksanakan vaksinasi. Dia juga berharap kerja sama TNI Polri dalam mengedukasi masyarakat soal bahaya rabies.

“Saya tegaskan kepada dinas terkait untuk dapat melakukan vaksinasi dan bekerjasama dengan Babinkamtibmas dan Babinsa untuk memfasifkan edukasi mengenai penyebaran virus rabies kepada masyarakat,” tegas Wardan.

Selain itu, Wardan juga berharap agar masyarakat secara aktif melaporkan kepada petugas kesehatan apabila mengetahui ada kasus gigitan anjing. Warga diminta langsung melapor ke petugas kesehatan di puskesmas terdekat.

“Saya harapkan peran aktif masyarakat untuk dapat sesegera mungkin melapor kepada petugas kesehatan atau ke puskesmas terdekat jika melihat ataupun diserang oleh anjing,” tegas Wardan seperti dilansir mediacenterriau.

Rabies adalah infeksi virus yang menyerang otak dan sistem saraf manusia dengan cara penularan melalui gigitan hewan seperti anjing, kucing, musang, kelelawar, monyet dan hewan lainnya. (win)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *