14 April 2024

KAMPAR – Pemberdayaan kelompok masyarakat dilaksanakan di Kampung KB Tanjung Bungo, Kec. Kampa Kab. Kampar. Pelaksanaan kegiatan ini bertempat di Balai Desa Tanjung Bungo pada Rabu, 16 Agustus 2023. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka percepatan penurunan stunting di Kabupaten Kampar.

Kegiatan ini dihadiri Camat Kampa, Ketua Tim Kerja Pengendalian Penduduk BKKBN Provinsi Riau, Ketua Pj TPPKK, Ahli Gizi Dinas Kesehatan Kab. Kampar, Kepala Desa Tanjung Bungo, Kader/Pokja Kampung KB, serta keluarga beresiko stunting.

“Diharapkan para kader bisa saling bekerjasama dalam pengelolaan Kampung KB ini karena program kegiatan yang ada di Kampung KB ini merupakan salah satu upaya yang baik untuk pencegahan stunting, meskipun di Tanjung Bungo tidak ada baduta ataupun balita yg stunting” ujar Camat Kampa saat membuka kegiatan ini.

Sambutan dilanjutkan oleh Ketua Tim Kerja Pengendalian Penduduk BKKBN Provinsi Riau, Ibu Ermayani, dalam kesempatan ini beliau menyampaikan bahwa Dapur sehat atasi stunting merupakan Pemberdayaan Kelompok Masyarakat dalam rangka pemenuhan gizi seimbang bagi keluarga beresiko stunting dengan memanfaaatkan sumber pangan lokal dengan Konsep “Makanan Sehat Tidak Harus Mahal”.

Di kesempatan yang sama, Pj Ketua TP.PKK Kabupaten Kampar Ibu drg. Yusi Prastinigsih, MM selaku narasumber memberikan materi tentang ” Peran PKK dalam Pembiasaan Makanan Sehat Bergizi” selain itu Ahli gizi dari Dinas Kesehatan Kab. Kampar Ibu Rismadani, S.Gz memberikan materi tentang “Pemenuhan Gizi dan Pengolahan Makanan Bergizi”.

Foto bersama kegiatan Pemberdayaan kelompok masyarakat Kampung KB Kabupaten Kampar

Selain itu jg disampaikan materi terkait pelaksanaan DASHAT di Kampung KB oleh Penata KKB Ahli Pertama Nursyiamah, dimana disampaikan tentang materi model pengolahan DASHAT dan modifikasi pelaksanaannya melalui pemantauan makanan bergizi yang dikonsumsi oleh Keluarga Beresiko Stunting selama 30 Hari, sehingga nantinya Keluarga Beresiko Stinting akan menjadi terbiasa mengkonsumsi makanan bergizi.

About The Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *