14 April 2024

PEKANBARU (mediamelayu) – Dengan terus membaiknya kondisi pandemi COVID-19 berdampak pada jumlah kunjungan ke Perpustakaan Wilayah Soeman HS. Kini perpustakaan kebanggaan warga Riau itu terus mengalami peningkatan. Karena itu, perpustakaan yang berada di Jalan Sudirman Pekanbaru tersebut kembali dibuka pada Sabtu dan Ahad.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir mengatakan, karena melihat jumlah kunjungan yang terus meningkat tersebut. Pihaknya mulai awal tahun lalu telah membuka layanan tambahan pada Sabtu dan Ahad.

“Penambahan layanan tersebut karena jumlah pengunjung semakin meningkat. Juga untuk meningkatkan pelayanan minat baca,” kata Mimi.

Lebih lanjut dikatakannya, terhitung hingga Agustus 2022, jumlah pengunjung ke Perpustakaan Soeman HS sudah mencapai 73.162 orang, dengan berbagai latar belakang. Jumlah ini sudah termasuk kunjungan masyarakat yang melakukan secara online.

Jumlah ini disebut meningkat dibanding 2021, saat terjadi pandemi COVID-19. Yakni sebanyak 97.031 jumlah kunjungan. Namun jumlah ini seluruhnya tercatat secara online.

“Secara online itu maksudnya, dia mendaftar kemudian ambil buku, membacanya di rumah. Selama pandemi-kan tak ada kita buka,” ujar Mimi.

Terkait pembukaan layanan baca Sabtu-Ahad, pihaknya juga sudah menyusun regulasi, pasalnya ada pegawai melakukan pelayanan pada hari libur.

“Aturannya sudah disiapkan bagi pegawai yang memberikan pelayanan pada Sabtu dan Ahad itu,” ungkap Mimi seperti dilansir mdcr.*

About The Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *